M. Darwis Hude

Prof. Dr. H.M. Darwis Hude, M.Si lahir di Bone, 27 Maret 1956. Mengenyam pendidikan di Pondok Pesantren As’adiyah Sengkang, Wajo, Sulawesi Selatan. Pada tahun 1977 melanjutkan pendidikan di Perguruan Tinggi Ilmu Al-Qur’an (PTIQ) Jakarta sebagai utusan Pemda Provinsi Sulawesi Selatan hingga menyelesaikan Sarjana Muda dan Sarjana Lengkap (S-1) di Fak. Ushuluddin. 

Dari IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta ia juga memperoleh kesarjanaan Strata-1Program Studi Aqidah/Filsafat. Strata-2 Psikologi Pendidikan diraih di Fak. Psikologi Universitas Indonesia, Depok, sementara Strata-3 Pengkajian Islam di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dengan nilai cum laude (lulusan terbaik angkatannya) dengan disertasi berjudul: Emosi Manusia dalam Al-Qur’an: Telaah Melalui Pendekatan Psikologi. 

Sejak 1985 menjadi dosen tetap di Institut PTIQ Jakarta dengan jabatan akademik terakhir sebagai Guru Besar Tetap (Pembina Utama, IV/E). Ia pernah menjabat Dekan Fak. Tarbiyah, Fak. Ushuluddin, Fak. Dakwah, dan Pjs. Fak. Syari’ah, serta Pembantu Rektor II di Institut yang sama tiga periode. 

Saat ini sebagai Direktur Program Pascasarjana. Aktif sebagai konsultan, supervisor, dewan pakar, pembina di beberapa lembaga pendidikan dan kajian seperti Al-Azhar Syifa Budi, Global Islamic School, Al-Zahra Indonesia, Al-Azkar Jakarta, Al-Fajar Bekasi, Lembaga Pemberdayaan SDM Lanizra, Pusat Studi Al-Qur’an, EduCare Society, dan Himpunan Konsultan Pendidikan Indonesia. Tercatat sebagai Dewan Hakim Nasional MTQ Bidang Musabaqah Fahmil Qur’an, Musabaqah Syarhil Qur’an, dan Musabaqah Makalah Ilmiah Al-Qur’an, Anggota Tim Tafsir Ilmi dan Wakil Ketua Tim Tafsir Tematik Kementerian Agama RI. Beberapa kali memimpin delegasi Musabaqah Al-Qur’an Internasional a.l. ke Aljazair, Malaysia, dan Brunei Darussalam.

About the Author

IKAPTIQ

Pengurus IKAPTIQ

Pengurus Ikatan Alumni PTIQ Jakarta

Cari Tokoh Di Sini

Popular Posts

Contact

Nama

Email *

Pesan *