Sebaran Domisili Alumni PTIQ

Ali Nurdin


Dr. Ali Nurdin, MA adalah ahli dalam bidang Al-Quran Tafisr. Pengasuh pesantren Nurul Quran Bogor ini sekaligus Pendiri dan Ketua Yayasan mahyuddin Ahmad Jakarta ini, sejak kecil telah menghafal Al-Quran di Ponpes Pesantren Sunan Pandanaran Yogyakarta.
Mengabdikan diri di berbagai lembaga Al-Quran, mulai dari anggota Lajnah Pentashihan Mushaf al-Qur’an DEPAG RI, Anggota Tim Penyusun Tafsir Tematik Depag hingga menjadi anggota Dewan pakar Tafsir Pusat Studi Al-Qur’an (PSQ) Jakarta. Mengenyam pendidikan ilmu agama di Dirasah Lughat al-‘Arabiyah (Pusat Studi Islam al-Manar) dan Pesantren Darus-Sunnah yang khusus membahas kajian Hadis dan Ilmu Hadis. Menyelesaikan pendidikan S1 di PTIQ Jakarta, dan menuntaskan program magister dan doktornya di UIN Syarif Hidayatullah Jakarta dalam bidang Tafsir dan Ilmu Al-Quran. Selain menjadi dosen tetap PTIQ Jakarta, beliau merupakan Sekretaris Yayasan Darus-Sunnah Jakarta dan bertugas sebagai Pembantu Rektor III Institut PTIQ Jakarta.. Aktif dalam beberapa kegiatan organisasi relawan pada Yayasan Sosial Ainal Mafar dan program Re-Edukasi para Napi Teroris di Polda Metro Jaya. Menjadi narasumber tetap pada acara Tele Tilawah TVRI, Dewan hakim pada acara Tele Dakwah TVRI, juga sebagai pengasuh kajian Tafsir Al-Qur’an di berbagai tempat di Jakarta, di berbagai televisi nasional, majlis taklim di wilayah Jabodetabek. Telah menerbitkan sejumlah karya dalam kajian Ilmu Alquran dan Tafsir: 1.Konsep al-Qur’an Tentang Manusia 2.Sejarah Pemalsuan Hadis 3.Wawasan al-Qur’an tentang Hukum 4.365 Hari bersama Ujaran Nabi (sudah terbit sepuluh jilid dari duabelas jilid yang direncanakan (Erlangga, 2003 dan 2004 ) 5.Qur’anic Socity : Menelusuri Konsep Masyarakat Ideal Menurut al-Qur’an, (Penerbit Erlangga : 2006)

Karir/Organisasi
Anggota Lajnah Pentashihan Mushaf al-Qur’an DEPAG RI Anggota Tim Penyusun Tafsir Tematik Depag hingga Anggota Dewan pakar Tafsir Pusat Studi Al-Qur’an (PSQ) Jakarta. Sekretaris Yayasan Darus-Sunnah Jakarta Pembantu Rektor III Institut PTIQ Jakarta Relawan pada Yayasan Sosial Ainal Mafar dan program Re-Edukasi para Napi Teroris di Polda Metro Jaya
Karya
1.Konsep al-Qur’an Tentang Manusia 2.Sejarah Pemalsuan Hadis 3.Wawasan al-Qur’an tentang Hukum 4.365 Hari bersama Ujaran Nabi (sudah terbit sepuluh jilid dari duabelas jilid yang direncanakan (Erlangga, 2003 dan 2004 ) 5.Qur’anic Socity : Menelusuri Konsep Masyarakat Ideal Menurut al-Qur’an, (Penerbit Erlangga : 2006)

Riwayat Pendidikan
S1 Tafsir Hadis PTIQ Jakarta S2 & S3 Tafsir dan Ilmu Al-Quran UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Ponpes Pesantren Sunan Pandanaran Yogyakarta Dirasah Lughat al-‘Arabiyah (Pusat Studi Islam al-Manar) Pesantren Darus-Sunnah

About the Author

IKAPTIQ

Pengurus IKAPTIQ

Pengurus Ikatan Alumni PTIQ Jakarta

Cari Tokoh Di Sini

Popular Posts

Contact

Nama

Email *

Pesan *